Mencari Arti Hitam yang Tak Kelam - Ulas Bahasa -->

Mencari Arti Hitam yang Tak Kelam

Post a Comment
Mencari Arti Hitam yang Tak Kelam - Ulas Bahasa

Arti hitam yang kita kenal adalah sebutan untuk jenis warna dan sering dipakai untuk menyebut suatu kejahatan. Tidak adakah hitam yang “baik”?

arti hitam yang tak kelam

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan hitam dalam dua makna. Makna pertama, hitam adalah warna dasar yang serupa dengan warna arang. Sedangkan makna kedua hitam adalah mengandung atau memperlihatkan warna yang serupa warna arang.

Lantaran definisi hitam mengacu pada arang, maka seyogianya kita telusuri juga seperti apa gerangan “sosok” arang itu.

Kata arang berasal dari bahasa Sanskerta angara. Dalam bahasa asalnya, selain berarti arang, kata ini juga diartikan sebagai batu bara.

Silakan baca ulasan tentang asal-usul sebuah istilah keren bermakna pekerjaan yang tertunda.

Kamus besar kita menyodorkan beberapa makna bagi arang. Pertama, arang diartikan sebagai ‘bahan bakar yang hitam warnanya dibuat atau terjadi dari bara kayu dan sebagainya yang dipengap’. Sedangkan arti kedua kata arang adalah ‘kayu (tempurung kelapa, dan sebagainya) yang telah hangus terbakar’.

Namun, ada satu arti kata arang yang sangat berbeda dengan kedua makna arang yang telah dijelaskan di atas. Kata arang yang satu ini diambil dari bahasa Minangkabau, artinya mulut.

Sudah bisa membayangkan hubungan antara hitam dan arang? He he he, sejak zaman kejayaan Majapahit juga sudah tahu, kan?

Nasib Kelam Mengiringi si Hitam

Di luar makna yang berkaitan dengan jenis warna, istilah hitam banyak dipakai untuk menyebut hal-hal lainnya. Namun, sayang sekali, peruntungan hitam jauh dari kata membanggakan. Kata hitam acap dikaitkan dengan hal-hal buruk dan urusan-urusan seram yang harus dijauhi makhluk berbudi.

Apa saja keadaan buruk yang menggunakan kata hitam? Yuk, kita pelototi satu per satu.

1. Ilmu Hitam

Ilmu hitam berhubungan dengan penggunaan makhluk gaib untuk mencelakakan orang lain. Istilah ini erat sekali kaitannya dengan kondisi sakit atau celaka yang disengaja.

2. Daftar Hitam

Sebuah daftar yang berisi nama-nama orang atau organisasi yang pernah melakukan kejahatan atau pernah melanggar hukum bisa dikategorikan sebaagaai daftar hitam. Jadi, istilah daftar hitam sering dikaitkan dengan pelanggaran atau kejahatan.

3. Dunia Hitam

Mirip dengan daftar hitam, dunia hitam adalah suatu lingkungan yang berisi orang-orang yang melakukan kejahatan atau melanggar aturan.

4. Kambing Hitam

Meskipun menggunakan nama jenis hewan, frasa ini sama sekali tidak berkaitan dengan dunia binatang. Istilah ini merupakan kiasan yang dipakai untuk menunjukkan orang tak bersalah tetapi dijadikan seolah-olah bersalah.

Jadi, arti hitam yang mengikuti kambing tidak menandai seekor kambing berwarna hitam. Yah, begitulah. Manusia memang suka mengalihkan kesalahan kepada pihak lain, termasuk mengambinghitamkan kambing.

5. Belanda Hitam

Belanda hitam tidak benar-benar Belanda. Mereka adalah orang-orang sebangsa kita yang pada masa perang kemerdekaan mengkhianati bangsa sendiri dengan cara memihak penjajah Belanda.

Waduh, kasihan. Sungguh kelam nasib si hitam. Begitu banyak ia disematkan pada istilah-istilah pelanggaran dan kejahatan.

Arti Hitam yang Tak Bernada Suram

Tidak semua kata hitam digunakan untuk menyebut kondisi-kondisi yang tidak diinginkan kebanyakan orang. Beberapa istilah yang mengusung kata hitam bermakna netral, tidak berkonotasi positif maupun negatif.

Bagaikan harapan kita terhadap sikap ASN, TNI, dan Polri dalam Pemilu, sejumlah frasa yang mengandung kata hitam juga netral. Berikut ini beberapa contoh frasa mengandung hitam yang “tidak memihak”.

1. Awan Hitam

Saat orang menyebut frasa awan hitam, adakalanya memang terlihat awan berwarna hitam di angkasa. Namun, biasanya istilah awan hitam dipakai untuk menyebut kondisi cuaca yang mendung.

Nah, arti hitam yang didahului kata awan bisa saja menunjukkan warna hitam segerombolan awan. Kondisi semacam itu juga merupakan salah satu pertanda mendung.

2. Kotak Hitam

Kita mengenal banyak sekali kotak berwarna hitam. Namun, kita hanya akan mendengar berita mengenai kotak hitam seusai terjadi kecelakaan pesawat terbang.

Ya, istilah kotak hitam memang telah menjadi “hak milik” dunia penerbangan. Kotak hitam adalah sebuah perkakas yang berisi rekaman pembicaraan petugas pengawas di bandara dengan pilot. Peranti ini merupakan salah satu sarana penting bagi pihak berwenang untuk menyelidiki penyebab kecelakaan.

3. Kuda Hitam

Kuda hitam tidak selalu lahir dari seekor induk kuda. Kuda hitam kerap muncul pada suatu kejuaraan sepak bola atau olahraga lainnya.

Hal itu terjadi lantaran kuda hitam bukan jenis binatang yang kerap dijadikan tunggangan. Kuda hitam adalah peserta kejuaraan yang semula dipandang sebelah mata, tetapi justru berprestasi, atau minimal mampu menyulitkan lawan-lawannya.

4. Timah Hitam

Sebutan timah hitam dianugerahkan bagi timbel. Ingat ya, timbel. Bukan timbal yang lebih sering digunakan untuk menyebut jenis bahan tambang ini.

Padahal, kata timbal merupakan serapan dari bahasa Jawa Kuno yang berarti 'satu di atas atau sesudah yang lain, seorang demi seorang, kelipatan’. Nggak nyambung, kan?

5. Emas Hitam

Emas hitam adalah istilah yang dipakai untuk menyebut jenis-jenis barang tambang, yaitu pasir besi, aspal, dan batu bara.

Mana Istilah Favorit Anda?

Di antara semua frasa yang mengandung kata hitam, barangkali yang menjadi idaman banyak orang adalah frasa hitam manis. Memangnya, apa arti hitam manis? Saya kira, istilah yang satu ini tidak lagi membutuhkan penjelasan.

Atau, mungkin, Anda punya frasa favorit lainnya?

Silakan baca juga tulisan mengenai makna dahaga yang tidak biasa.

Memang tidak ada kata yang mutlak berkonotasi bagus atau buruk. Makna-makna kata bergantung dari sudut mana seseorang memandangnya.

Demikian pula, arti hitam yang dirangkaikan dengan kata lainnya bisa menimbulkan kesan membanggakan atau memalukan.

Artikel Terkait

Post a Comment