Influencer Harus Dikurung Agar Sesuai Aturan - Ulas Bahasa -->

Influencer Harus Dikurung Agar Sesuai Aturan

Post a Comment

Influencer dikurung saja, sebab ia berasal dari bahasa asing. Lho, mengapa istilah dalam bahasa asing harus dikurung?

influencer dan fungsi tanda kurung

Sebenarnya bukan hanya istilah asing yang harus dikurung. Sesuai aturan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) edisi V, terdapat empat kondisi yang harus diletakkan di dalam tanda kurung.

Nah, apa saja empat hal yang harus dimasukkan ke dalam “kurungan”? Yuk, ikuti penjelasannya berikut ini.

Mengapa Influencer Dikurung?

Menurut EYD V, terdapat empat fungsi tanda kurung. Pertama, tanda kurung berfungsi untuk mengapit keterangan tambahan. Bentuk keterangan tambahan bisa bermacam-macam, misalnya singkatan dan istilah asing.

Seperti kita ketahui, influencer merupakan sebentuk istilah asing yang acap dipakai dalam bahasa Indonesia. Sesuai ketentuan, ketika kata ini bertindak selaku keterangan tambahan, maka harus diletakkan dalam tanda kurung.

·         Menjelang tahun pelaksanaan pemilihan presiden, para pemengaruh (influencer) bakal semakin menunjukkan aksistensi mereka.

Silakan baca ulasan mengenai imbuhan yang bikin bingung orang.

Begitulah contoh penerapan aturan ini dalam sebuah kalimat. Contoh lain penerapan fungsi tanda kurung untuk mengapit keterangan tambahan bisa kita lihat di bawah ini.

·         Siaran televisi itu mengabarkan bahwa rudal Israel menghantam kawasan Rumah Sakit (RS) di Gaza.

·         Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak melakukan persiapan khusus untuk laga final Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Indonesia.

Mengurung Keterangan yang Bukan Bagian Utama Kalimat

Selain fungsi tersebut, tanda kurung masih memiliki beberapa manfaat lainnya. Tanda ini juga dapat digunakan untuk mengapit keterangan yang bukan merupakan bagian utama dari sebuah kalimat.

Adakalanya seorang penulis perlu menambahkan sebuah penjelasan terhadap suatu istilah dalam suatu kalimat. Bisa jadi, penjelasan itu berada di luar konteks kalimat yang ditulisnya.

Maka, untuk mengungkapkan penjelasan semacam ini, tanda kurung bisa diandalkan sebagai sarananya. Sebab, tanda kurung bisa difungsikan untuk mengapit keterangan yang bukan bagian utama suatu kalimat.

Kita bisa melihat fungsi tanda kurung ini dalam beberapa contoh kalimat berikut ini.

·         Penetapan Gibran Rakabuming Raka (nama ini bermakna anak laki-laki yang pandai, teguh,dan bijaksana, tetapi tetap sederhana) sebagai calon wakil presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto mendapat sorotan banyak pihak.

·         Angka sebesar itu (lihat tabel 1) menjadikan Kabupaten Karawang sebagai daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia.

Keterangan “Tidak Penting” Dikurung Saja

Nah, fungsi ketiga tanda kurung adalah untuk mengapit ungkapan “tidak penting” dalam sebuah kalimat. Keberadaan ungkapan itu tidak mutlak sehingga bisa dimunculkan atau dihilangkan.

Silakan baca juga cerita tentang tanda koma yang bisa mencegah kanibalisme dan aniaya.

Contoh tanda kurung yang berfungsi untuk mengapit keterangan tidak penting terdapat dalam kalimat-kalimat berikut ini.

·         Meskipun cuaca kurang baik, (pesawat) Garuda berhasil mendarat dengan mulus di Bandara Soekarno-Hatta.

·         Francesco Bagnaia yang berasal dari (negara) Italia menempati posisi teratas dalam klasemen MotoGP 2023.

Fungsi Tanda Kurung dalam Perincian

Adakalanya suatu kalimat memaparkan perincian menggunakan angka atau huruf sebagai penandanya. Nah, angka atau huruf yang dipakai dalam perincian bisa diberi tanda kurung.

fungsi tanda kurung
Kita dapat melihat contoh-contoh penggunaan tanda kurung dalam fungsinya yang seperti ini dalam kalimat-kalimat berikut ini.

·         Pemerintah telah membuat peta jalan investasi dalam upaya memperluas cakupan hilirisasi sumber daya alam meliputi sektor-sektor (a) mineral, (b) batu bara, (c) minyak, (d) gas bumi, (e) perkebunan, (f) kelautan, (g) perikanan, dan (h) kehutanan.

·         Untuk mengurus perpanjangan STNK, kita harus melampirkan berkas-berkas

(1)    STNK asli dan fotokopinya,

(2)    BPKB asli dan fotokopinya,

(3)    KTP asli dan fotokopinya, dan

(4)    surat kuasa bila yang mengurus bukan pemilik kendaraan.

Nah, itulah empat fungsi tanda kurung dalam bahasa Indonesia. Jadi, jangan sampai lupa, influencer-nya dikurung, ya.

Artikel Terkait

Post a Comment