Apa Arti Copas? Ada Segudang Kata Bermakna Serupa - Ulas Bahasa -->

Apa Arti Copas? Ada Segudang Kata Bermakna Serupa

Post a Comment

Sudah tahu apa arti copas? Bagaimana kisah mula lahirnya kata copas hingga kemudian menjelma sebagai istilah populer di Indonesia?

 

ilustrasi apa arti copas

Istilah copas banyak digunakan masyarakat Indonesia baik dalam ragam lisan maupun tulisan. Setiap orang bisa memaknai kata ini secara positif atau negatif.

Dewasa ini, istilah copas kerap dikaitkan dengan suatu tindakan tak terpuji. Acap kali, kata ini digunakan untuk menyebut tindakan pencurian, utamanya pencurian konten dalam berbagai bentuk.

Benarkah kata copas artinya berkaitan dengan kecurangan? Bagaimana asal usul munculnya istilah ini hingga menjelma sebagai sebuah kosakata populer di Indonesia?

Silakan baca juga tulisan yang membahas istilah-istilah yang pernah meraih predikat paling populer di Indonesia.

Lantas, adakah istilah lain yang bermakna serupa dengan kata copas? Bila ada, kata-kata apa saja yang artinya mirip dengannya?

Mari kita selidiki ihwal mengenai kata copas agar bisa menjawab sederet pertanyaan di atas.

Asal-Usul Istilah Copas

Munculnya kata copas tak lepas dari sosok bernama Larry Tesler. Wah, rupanya orang bule yang bikin istilah copas, ya!

Bukan begitu.

Beliau penemu teknik copy paste dalam bidang komputer.

Silakan baca artikel mengenai asal-usul penamaan walkie talkie.

Sejak penemuan itu, mencuat sebutan cut, copy, dan paste. Tentu saja termasuk kombinasi legendaris copy paste.

Mulanya, istilah-istilah itu dipakai dalam bidang komputer. Dalam perkembangan selanjutnya, istilah ini juga merambah ke berbagai bidang yang lain.

Masyarakat Indonesia tersohor sebagai kaum penyuka singkatan, bukan?

Nah, frasa copy paste pun tak luput dari “tangan jahil” mereka. Kemampuan kreatif anak-anak gaul menyulap barisan kata-kata menjadi akronim itu telah melahirkan istilah copas.

Jadi, kata copas merupakan akronim frasa copy paste. Salah satu teknik yang banyak dipakai para pengguna komputer itu merupakan cikal bakal lahirnya istilah copas.

Apa Arti Copas?

Kisah penemuan metode copy paste mengarahkan kita untuk menemukan jawaban atas pertanyaan apa arti copas.

Ya, mulanya arti copas adalah tindakan mengambil sebagian atau seluruh teks pada suatu lembar pengolah kata dan menyematkannya pada lembar yang lain.

Kemudian, orang-orang juga menggunakan istilah copy paste pada bidang-bidang lain. Sejak itu, setiap tindakan mencomot sesuatu dari suatu tempat dan menempelkannya di tempat lain disebut copy paste.

Dalam perkembangan selanjutnya, makna istilah copy paste mengalami pasang surut.

Kini, istilah copas kerap dihubungkan dengan suatu tindakan tak terpuji. Biasanya, kata copas dipakai untuk menyebut tindakan orang yang mengambil konten atau karya orang lain tanpa seizin pemiliknya.

Jadi, arti kata copas yang awalnya melebar sekarang kembali menyempit.

Mencari Padanan Kata Copas dalam Bahasa Indonesia

Melihat asal-usulnya, istilah copas bersumber pada kosakata dalam bahasa asing. Kata ini berasal dari istilah dalam bahasa Inggris yang dimodifikasi oleh “tangan-tangan kreatif” hingga menjadi kosakata “seksi” yang digandrungi.

Apakah kata ini telah diserap secara resmi ke dalam bahasa Indonesia? Bila tidak, adakah padanan kata copas dalam bahasa kita?

Mari kita telusuri bersama-sama.

Pertama-tama, kita bisa mengunjungi kamus besar untuk mengetahui apakan copas telah diterima sebagai kosakata dalam bahasa Indonesia.

Penelusuran melalui KBBI menunjukkan bahwa copas tidak tercantum sebagai lema di sana. Hal ini menunjukkan bahwa kata copas bukan bagian dari bahasa Indonesia.

Silakan baca juga tulisan yang mengulas bermacam-macam sebutan jenis kendaraan.

Dalam penelusuran yang lain, saya menemukan suatu ikhtiar untuk mencari padanan kata copy paste. Usaha ini dilakukan oleh seseorang yang kita kenal sebagai wikipediawan dan pegiat bahasa Indonesia.

Ivan Lanin, sang pencinta bahasa Indonesia, pernah mengadakan sebuah polling melalui akun Twitter. Dalam jajak pendapat tersebut, ia minta khalayak memilih satu di antara dua kandidat padanan kata copy paste.

Kedua pilihan yang disodorkannya adalah ‘salin rekat’ dan ‘salin tempel’. Hasilnya, dari 13.068 orang yang memberikan suara, 86,3% memilih ‘salin tempel’.

Selain jajak pendapat yang diadakan Ivan Lanin, saya belum menemukan upaya lain untuk menetapkan padanan kata copy paste.

Sinonim Copas

Selanjutnya, kita akan mencari kosakata dalam bahasa Indonesia yang bisa mewakili makna kata copas atau copy paste.

1.       Menyontek

Kata menyontek memiliki dua makna yang berbeda. Makna pertama adalah ‘mencungkil dengan ujung kaki’. Contohnya menyontek bola.

Sedangkan makna kedua adalah ‘mengutip sebagaimana aslinya’. Misalnya mengutip tulisan atau bentuk karya intelektual lainnya.

2.       Mengutip

Di antara beberapa makna kata mengutip, terdapat satu makna yang berkaitan dengan bahasan dalam tulisan ini. Makna kata mengutip dimaksud adalah ‘mengambil perkataan atau kalimat dari buku dan sebagainya’, dan ‘memetik karangan dan sebagainya’.

Silakan baca juga ulasan mengenai banyaknya sinonim kata bengkok.

3.       Menjiplak

Ada dua arti kata menjiplak yang serupa dengan makna kata copas. Kedua makna itu adalah ‘mencontoh atau meniru (tulisan, pekerjaan orang lain)’ dan ‘mencuri karangan orang lain dan mengakui sebagai karangan sendiri’.

4.       Membajak

Kata-kata yang lazim mengikuti istilah ini adalah sawah dan kapal. Namun, kali ini pembahasan kata membajak tidak berhubungan dengan kedua kata tersebut.

Makna kata membajak yang mirip dengan kata copas adalah ‘mengambil hasil ciptaan orang lain tanpa sepengetahuan dan seizinnya’.

Selain sederetan kosakata yang telah kita bincangkan di atas, masih ada banyak lagi kata-kata lainnya yang memiliki makna serupa atau mirip dengan arti kata copas. Misalnya mencukil, mencuplik, menukil, dan memplagiat.

Nah, ternyata banyak sekali kosakata yang bermakna serupa atau mirip copas. Namun, tampaknya deretan istilah-istilah itu belum memuaskan hingga lahir istilah gaul yang lebih berterima.

Demikian pembahasan mengenai apa arti copas, asal-usulnya dan beragam istilah lain yang berkaitan dengannya.

Artikel Terkait

Post a Comment