Hanca Adalah Istilah Keren Pekerjaan Tertunda - Ulas Bahasa -->

Hanca Adalah Istilah Keren Pekerjaan Tertunda

Post a Comment

Hanca adalah istilah keren yang jarang digunakan penutur bahasa Indonesia. Padahal, kata ini memenuhi syarat sebagai kosakata yang baik dan layak populer.

 

hanca adalah istilah keren

Pekerjaan yang tertunda acap membikin kita pusing kepala. Makin banyak pekerjaan tertunda, makin sakit kepala kita.

Tak heran jika kemudian banyak orang memikirkan dan merancang cara untuk terlepas dari jerat pekerjaan tertunda. Pelbagai teori dan strategi diciptakan manusia untuk mengenyahkan jenis hambatan yang satu ini.

Silakan baca juga curhat menyangkut beratnya menulis artikel bertema bahasa Indonesia.

Di luar berbagai upaya itu, tahukah Anda bahwa ada sebuah kata bagus yang bisa mewakili ungkapan ‘pekerjaan yang tertunda’?

Dilihat dari sisi kepraktisan, jelas kata ini bisa diandalkan, sebab terdiri dari satu kata saja. Satu kata itu pun hanya memiliki dua suku kata. Jadi, sangat sederhana.

Kita juga tak perlu menyangsikan sisi keindahannya. Kata yang satu ini cukup enak didengar telinga dan tak sulit diucapkan lidah orang Indonesia pada umumnya.

Lantas, kata apa itu sebenarnya?

Dari Mana Asalnya?

Sebelum sampai pada kata tersebut, kita bisa memulainya dengan menelusuri asalnya.

Apakah Anda mengira kata ini berasal dari bahasa asing? Jika demikian, dugaan Anda keliru.

Kata yang menjadi bahasan kita ini berasal dari negeri kita sendiri. Bahasa Indonesia mencomot kata ini dari suatu bahasa daerah di Indonesia.

Dalam bahasa asalnya, kata ini memiliki makna serupa dengan makna dalam bahasa Indonesia. Jadi, setelah masuk ke dalam bahasa Indonesia, kata ini tidak mengalami perubahan makna.

Kata yang tengah kita bicarakan merupakan sebuah kata dasar yang memiliki arti ‘pekerjaan yang ditunda’.

Ada yang sudah familier dengan kata ini?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) telah memasukkan lema hanca dalam koleksinya dengan diberi makna ‘pekerjaan yang tertunda’.  Kamus ini juga menyodorkan sebuah kata turunan hanca, yakni menghanca yang berarti ‘melanjutkan pekerjaan yang tertunda’.

KBBI menandai kata hanca sebagai kosakata yang berasal dari bahasa Sunda.

Silakan baca juga ulasan mengenai kata-kata “asing” daria, sempena, dan jatukrama.

Sementara itu, Kamus Daerah menyatakan bahwa dalam bahasa Sunda, arti kata hanca adalah ‘pekerjaan yang tertunda’. Kata hanca memiliki turunan ngahanca yang bermakna ‘mulai menggarap pekerjaan’.

Jadi, kini sudah jelas adanya sebuah istilah lain yang menggambarkan pekerjaan yang tertunda.

Hanca Adalah “Benda Asing” dalam Bahasa Indonesia

Nah, ada sebuah pertanyaan untuk Anda. Apakah Anda kerap mendengar orang bertutur kata atau menulis menggunakan bahasa Indonesia menyebut kata hanca?

Saya menduga tidak banyak orang (Indonesia) yang pernah mendengar kata hanca, apalagi mengenalnya. Saya pun menemukan kata ini secara tidak sengaja.

Sayang sekali. Sebuah kata sebagus hanca belum banyak dikenal oleh penutur bahasa Indonesia.

Silakan baca juga artikel yang membahas istilah veter yang keren tetapi tidak beken.

Padahal, hanca memenuhi 5 syarat pembentukan istilah dalam bahasa Indonesia. Kata hanca tepat mengungkapkan maksud ‘menunda pekerjaan’ dan sesuai dengan makna dalam bahasa asalnya.

Selain itu, hanca yang terdiri dari 2 suku kata juga singkat, berkonotasi baik, dan enak didengar. Satu lagi, bentuk kata hanca juga seturut kaidah bahasa Indonesia.

Jadi, dilihat dari beberapa sisi, tidak ada alasan bagi hanca untuk populer dan banyak digunakan dalam percakapan dan tulisan.

Memang cukup banyak kosakata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa daerah tak banyak dipakai masyarakat kita. Hanca adalah salah satunya.

Artikel Terkait

Post a Comment