Arti Kata Stunting yang Viral dalam Pilpres 2024 - Ulas Bahasa -->

Arti Kata Stunting yang Viral dalam Pilpres 2024

Post a Comment

Arti kata stunting bermacam-macam. Ada satu di antaranya yang sedang meroket popularitasnya seusai serangkaian debat capres 2024.

arti kata stunting

Stunting adalah sebuah kata yang naik daun lantaran kerap disebut dalam debat capres cawapres yang dilangsungkan baru-baru ini. Popularitas stunting meningkat seturut besarnya minat para capres dan cawapres membahas masalah yang berkaitan dengan istilah ini.

Silakan baca artikel yang membahas tentang influencer yang harus dikurung.

Sebagai contoh, dalam debat capres terakhir yang diselenggarakan di Jakarta Conwention Center (JCC) tanggal 4 Februari 2024, salah seorang calon presiden menyebut istilah stunting sebanyak enam kali. Dalam debat-debat sebelumnya, kata ini juga beberapa kali menyedot perhatian.

Lantas, apa sebenarnya makna kata stunting? Apakah tidak ada istilah dalam bahasa Indonesia yang dapat mewakilinya?

Berbagai Makna Kata Stunting

Untuk mendapatkan gambaran mengenai istilah stunting, saya mengunjungi beberapa kamus bahasa Inggris secara daring. Tiga kamus yang saya kunjungi, yakni Cambridge Dictionary, Merriam Webster, dan Britannica, menyodorkan beberapa makna kata stunt (kata dasar pembentuk stunting).

1. Makna stunt pertama berkaitan erat dengan dunia pertunjukan khususnya film. Dalam hal ini, kata stunt berarti aksi atau adegan berbahaya dalam pembuatan film sehingga pemeran sebenarnya harus digantikan oleh orang lain yang memiliki keahlian khusus. 

Berdasarkan makna kata stunt ini, kita mengenal suatu istilah yang akrab dengan pembuatan film bergenre action. Istilah itu adalah stuntman.

2. Makna kedua istilah stunt adalah sesuatu yang dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari pihak yang bertanggung jawab.

3. Makna ketiga kata stunt adalah untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan atau perkembangan sesuatu dalam batas pencapaiannya.

4. Makna kata stunt keempat terdapat dalam bidang pertanian. Stunt merupakan kondisi tanaman yang kerdil, suatu gejala penyakit yang mengakibatkan berkurangnya ukuran atau hilangnya kekuatan tanaman.

5. Ada satu lagi arti kata stunt, yakni dalam permainan sepak bola. Istilah ini diartikan sebagai suatu pergeseran posisi pemain bertahan dalam sebuah tim sepak bola, dimaksudkan untuk mengganggu upaya lawan melakukan pemblokiran.

Arti Kata Stunting Menurut WHO

Dalam beberapa debat capres, istilah stunting kerap muncul dalam pembahasan bertema kesehatan. Sementara itu, makna-makna kata stunting yang telah dipaparkan di atas tidak ada yang berkaitan dengan masalah kesehatan. 

Jadi, harus dicari arti lain yang menyangkut dunia kesehatan.

Nah, untuk memahami arti stunting dalam bidang kesehatan, saya menelusuri situs World Health Organisation (WHO). Organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu mengaitkan istilah stunting dengan kecukupan gizi, penyakit fisik, dan kondisi psikososial seorang anak.

Silakan baca juga tulisan tentang penggunaan kata sharing dan berbagi.

Menurut WHO, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Seorang anak dikategorikan stunting bila tinggi badannya di bawah standar tinggi badan normal sesuai umurnya.

Dalam debat capres cawapres 2024, pembahasan stunting kerap dibarengi dengan pembicaraan mengenai program-program semacam  peningkatan gizi dan penyediaan makanan sehat. Dengan demikian, di antara makna-makna yang telah dibahas di atas, arti kata stunting yang diberikan oleh WHO terasa paling cocok menggambarkan terminologi ini. 

Adakah Padanan Kata Stunting dalam Bahasa Indonesia?

Mendengar istilah stunting disebut-sebut dalam frekuensi yang tinggi, lantas timbul sebuah pertanyaan dalam hati. Tidak adakah padanan kata stunting dalam bahasa Indonesia?

Sebuah artikel yang tersaji di situs WHO mengaitkan terminologi stunting dengan istilah malnutrition atau malanutrisi. Memang, salah satu faktor yang menyebabkan stunting adalah kekurangan gizi atau keadaan gizi buruk.

Lantas, apakah bisa dikatakan bahwa malanutrisi atau malagizi bisa dianggap sebagai padanan kata stunting? Atau, adakah istilah lain yang lebih tepat digunakan sebagai padanan kata stunting dalam bahasa Indonesia?

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) memiliki sarana khusus untuk melihat padanan istilah asing dalam bahasa Indonesia. Tidak ada salahnya mencari informasi di sana, bukan?

Badan Bahasa memberikan sejumlah padanan kata stunting. Berikut ini 4 padanan kata stunting sesuai bidang masing-masing.

1. Dalam Biologi, stunting dipadankan dengan kata ‘pengerdilan’,

2. Dalam Ilmu Komunikasi, padanan kata stunting adalah ‘penggantian peran’,

3. Dalam bidang Perikanan, padanan stunting adalah ‘pembantutan’,

4. Dalam Ilmu Gizi, stunting diberi padanan ‘tengkes’.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tengkes adalah adjektiwa yang bermakna kerdil atau tidak dapat tumbuh menjadi besar. Arti lainnya adalah kecil (bila dibandingkan dengan pasangannya dan sebagainya).

Sayangnya, popularitas kata tengkes masih sangat rendah. Salah satu buktinya, para calon pemimpin kita tidak pernah menyebut istilah ini dalam serangkaian debat yang mereka ikuti. Sebaliknya, istilah stunting menjadi salah satu kata wiral lantaran kerap diucapkan.

Indikasi lainnya terlihat di Google Trends. Mesin pencari kenamaan itu menunjukkan bahwa kata tengkes “tak berdaya” menghadapi stunting. Jumlah pencarian kata tengkes di Google Indonesia sangat jauh di bawah pencarian kata stunting.

kata stunting dan tengkes

Grafik frekuensi pencarian kata stunting dan tengkes di Google periode Februari 2023 hingga Januari 2024. Sumber data: trends.google.co.id diolah.

Dua kondisi itu menggambarkan betapa istilah tengkes belum mampu menandingi “kedigdayaan” stunting yang berasal dari bahasa asing.

Jadi, sekarang sudah jelas, apa arti kata stunting dan padanan katanya dalam bahasa Indonesia. 


Newest Older

Artikel Terkait

Post a Comment