Apa Arti Naturalisasi yang “Diviralkan” PSSI? - Ulas Bahasa -->

Apa Arti Naturalisasi yang “Diviralkan” PSSI?

Post a Comment

Apa arti naturalisasi, kata yang sedang viral dalam persepakbolaan nasional? Ternyata, istilah naturalisasi berasal dari bahasa Prancis.

 

apa arti naturalisasi

Kepengurusan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), yang baru saja terbentuk, langsung bikin publik terkaget-kaget.

Organisasi yang dipimpin oleh Erick Thohir ini, melalui acara bertajuk “Sarasehan Sepak Bola Nasional”, menggulirkan sebuah gagasan yang mengejutkan. Ide yang bikin heboh persepakbolaan Indonesia itu adalah membatasi jumlah pemain naturalisasi dalam sebuah klub sepak bola.

Padahal, dalam beberapa tahun belakangan ini, PSSI justru menggalakkan program naturalisasi. Kini, kita tak sulit menemukan nama-nama pemain naturalisasi di Timnas Indonesia dan beberapa klub.

Silakan baca ulasan mengenai istilah toleransi yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sontak, ide kontroversial ini menimbulkan pelbagai reaksi. Seperti biasa, ada pendapat yang pro dan tentu ada juga yang kontra.

Sejauh pengamatan saya, pandangan yang cenderung menolak rencana membatasi jumlah pemain naturalisasi ini mendominasi pemberitaan di media massa. Beberapa pemain naturalisasi yang telah lama malang-melintang dalam persepakbolaan Indonesia, seperti Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly, menunjukkan ketidaksetujuan mereka.

Selain itu, sebagian warganet (netizen) juga menyayangkan ide pembatasan itu mengingat para pemain naturalisasi telah resmi menjadi WNI. Menurut mereka, sudah sepantasnya para pemain naturalisasi diperlakukan setara dengan WNI lainnya.

Apa Arti Naturalisasi?

Sebenarnya, apa makna kata naturalisasi yang tengah menjadi perhatian pengurus PSSI?

Mulanya, kata naturalisasi lazim digunakan dalam urusan kependudukan. Istilah ini kerap digunakan untuk menyebut warga negara asing yang beralih menjadi WNI.

Namun, arti kata naturalisasi tak terbatas pada urusan yang berhubungan dengan keimigrasian. Istilah ini pun merambah ke bidang kehidupan lainnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyodorkan arti kata naturalisasi dalam dua ranah kehidupan.

Pertama, naturalisasi dalam bidang kependudukan.

Dalam urusan kependudukan, naturalisasi adalah pemerolehan kewarganegaraan bagi penduduk asing. Naturalisasi juga berarti ‘hal menjadikan warga negara’.

Selain itu, istilah naturalisasi bisa dimaknai pewarganegaraan yang diperoleh setelah memenuhi syarat sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Silakan baca juga cerita tentang adarusa yang kocak dan tak terduga.

Kedua, istilah naturalisasi juga dikenal dalam Biologi.

Dalam ilmu yang mempelajari makhluk hidup ini, kata naturalisasi dimaknai sebagai gejala terjadinya penyesuaian diri tumbuhan yang didatangkan dari tempat lain dan menjadi anggota biasa masyarakat tumbuhan di tempat yang baru itu.

KBBI juga menampilkan kata turunan naturalisasi, yakni menaturalisasi. Kata menaturalisasi berarti mengadakan atau melakukan naturalisasi, atau menjadikan warga negara (Indonesia dan sebagainya).

Kamus besar ini memberikan sebuah contoh penggunaan kata menaturalisasi dalam sebuah kalimat. “Filipina menghendaki Indonesia menaturalisasi tujuh ribu warga negara Filipina di Indonesia.”

Di luar makna-makna yang dijelaskan dalam kamus, istilah naturalisasi juga kerap digunakan dalam bidang penerjemahan dan lingkungan hidup.  Dalam bidang lingkungan hidup, istilah naturalisasi yang acap menghiasi halaman media massa adalah naturalisasi sungai.

Dalam hubungan dengan pengelolaan sungai, naturalisasi adalah mengembalikan fungsi dan bentuk sungai sebagaimana aslinya sehingga bisa menambah kapasitas penyimpanan air sebanyak-banyaknya ke dalam tanah. 

Asal-Usul Istilah Naturalisasi

Kosakata naturalisasi yang kita kenal dalam bahasa Indonesia diserap dari sebuah kata dalam bahasa Inggris, naturalization.

Merriam-Webster Dictionary menggambarkan dua peristiwa yang berhubungan dengan kata naturalization, yaitu:

1.        The course of action undertaken to become a citizen of a country other than the country where one was born;

2.        The process of becoming or the state of being established in the wild so that growth and reproduction is possible without human intervention.

Kedua gambaran itu sejalan dengan dua arti kata naturalisasi yang tercantum dalam KBBI.

Silakan baca juga tulisan yang membahas ungkapan ojo semoyo, frasa yang acap dipakai untuk meredam tabiat suka menunda.

Namun, kata naturalization bukan asli kosakata bahasa Inggris. Lantas, dari mana asalnya?

Sebuah situs yang membahas asal-usul kata, etymonline.com, mengabarkan bahwa kata naturalization diserap dari bahasa Prancis naturalisation.

Sementara itu, dalam sebuah kamus bahasa Prancis – bahasa Inggris (WordReference English-French Dictionary) terdapat penjelasan tentang arti kata naturalisation. Menurut kamus daring tersebut, dalam bidang kewarganegaraan, naturalisation adalah ‘octroi d'une nationalité’.

Bila diterjemahkan, frasa itu berarti ‘pemberian kewarganegaraan’. Kamus itu juga menerjemahkan istilah naturalisation ke dalam bahasa Inggris menjadi naturalization.

arti kata naturalisasi
Infografik asal dan arti kata naturalisasi. Sumber data: kbbi.kemdikbud.go.id, tesaurus.kemdikbud.go.id, etymonline.com.

Jadi, istilah naturalisasi dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Inggris naturalization. Sedangkan kata naturalization dalam bahasa Inggris berasal dari kata naturalisation dalam bahasa Prancis.

Nah, itulah asal-usul dan arti kata naturalisasi, sebuah istilah yang sedang naik daun dan menuai kontroversi.

Artikel Terkait

Post a Comment