-->

Ulasan Adalah Sebuah Kata dengan Banyak Makna

Post a Comment

Ulasan adalah salah satu di antara sekian banyak kosakata unik dalam bahasa Indonesia. Di mana letak keunikannya?

 

ilustrasi arti ulasan
Ilustrasi tentang ulasan. Sumber gambar: athree23 dari Pixabay.

Keunikan kosakata itu terdapat pada beragamnya makna. Sedikitnya, saya menemukan enam arti kata ulasan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Anda mungkin mengira bahwa arti ulasan adalah kupasan, analisis, atau pandangan. Saya berasumsi demikian lantaran makna kata ulasan seperti itulah yang banyak beredar, baik dalam ragam lisan maupun tulisan.

Dugaan Anda tidak keliru. Sesuai dengan pengalaman saya menemukan atau menggunakan kosakata ini dalam komunikasi sehari-hari, saya pun mengira demikian.

Dalam KBBI sendiri, tersaji kata-kata ‘kupasan’, ‘tafsiran’, dan ‘komentar’ sebagai bagian dari makna kata ulasan. Nah, ungkapan-ungkapan itu seiras dengan asumsi kita, bukan?

Namun, sepertinya kamus ini tak hendak “berpuas diri” sampai di sini saja. Bausastra bahasa Indonesia ini menghidangkan lebih banyak lagi arti kata ulasan yang mungkin berbeda dengan yang kita bayangkan.

Mari kita ulik sisi lain arti ulasan yang tak sekadar kupasan, tafsiran, dan komentar itu.

Ulasan Adalah Kosakata dengan Beragam Makna

Sekarang kita akan membahas pertanyaan ini: apa arti ulasan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Selain makna-makna yang telah saya paparkan di depan, terdapat beberapa makna lainnya atas kata ulasan. Sebagian makna kata ini berbeda dengan tiga arti kata ulasan yang tersaji di atas.

Saya menduga sebagian orang tidak menyangka makna lain dari kata ulasan selain ketiga makna tersebut. Mari kita telusuri satu per satu.

     1.    Sarung

Anda tidak menduganya, kan? Saya juga tidak menyangka sama sekali bahwa kata ulasan memiliki arti ‘sarung’. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan sarung adalah sarung bantal, atau yang serupa dengannya.

Nah, siapa yang pernah menyebut kata ‘ulasan’ ketika membutuhkan sarung bantal? Misalnya seperti obrolan antara seorang gadis kecil dengan ibunya berikut ini.

“Bunda, bantalnya basah kena pipis Adik! Minta ulasan yang baru, dong.”

Kalau ada yang ngomong kayak gini, kira-kira apa yang bakal dilakukan oleh ibunya? Mungkin nggak sang ibu ngasih sarung bantal sesuai dengan keinginan putrinya?

Jangan-jangan ibu si gadis bergegas mengambil sehelai kertas kosong dan sebuah bolpoin. Sejurus kemudian, beliau asyik menulis sebuah analisis mengenai kebiasaan ngompol anak balitanya.

2.    Kupasan, tafsiran, komentar

Ketiga kata ini merupakan makna yang lumrah disematkan pada kata ulasan. Kita sudah sangat sering menemukan mereka.

Berkaitan dengan makna ini, KBBI menambahkan tiga entri, yakni ‘ulasan berita’, ‘ulasan buku’, dan ‘ulasan pers’.

Sudah tahu makna ketiganya, kan? Jika belum, jangan sungkan membuka kamus, ya.

Terkait dengan makna kata ini, terdapat istilah-istilah tertentu yang bisa menggantikan kata ulasan. Misalnya saja, ulasan mengenai film disebut dengan resensi. Demikian halnya dengan ulasan buku.

3.    Sambungan, lanjutan

Kata-kata ini juga mungkin termasuk kategori tidak lazim dalam kaitannya dengan kata ‘ulasan’. Hampir tidak pernah saya menjumpai orang memaknai kata ulasan sebagai sambungan atau lanjutan.

Sayang sekali, makna pertama dan ketiga nyaris tak pernah mengemuka.

Asal Kata Ulasan

Ulasan berasal dari kata dasar ‘ulas’. Lantas, apa arti ulas?

Menilik makna kata ulasan yang telah kita bahas di atas, arti ulas tentu saja bermacam-macam sesuai dengan beragamnya arti ulasan tersebut.

Bahkan, arti kata ulas lebih banyak dibandingkan arti ulasan. Sebabnya, selain makna yang terkait dengan kata ulasan, terdapat makna-makna kata ulas yang lain lagi.

Saya mencatat tak kurang dari sepuluh makna kata ulas yang tertera dalam KBBI. Makna-makna kata ulas yang belum saya sebutkan adalah ‘kain sampul’, ‘selubung’, ‘kulit (buah)’, bagian buah-buahan yang berbentuk ruang atau petak-petak yang mudah dilepas atau dibuka dari bulatan buahnya’, ‘pangsa’, dan ‘mengusap-usap atau mengelus-elus’.

Deretan makna kata itu benar-benar di luar dugaan. Kegemaran mengamati bahasa Indonesia telah membawa saya menemukan beberapa kata tak terduga semacam browser yang pernah saya ungkapkan dalam blog ini.

Ternyata, kata ulas mempunyai banyak sekali arti yang tidak pernah saya temui selama ini.

Selain itu, kamus tesaurus bahasa Indonesia juga menampilkan cukup banyak sinonim kata ulas dan ulasan. Kamus persamaan kata itu membagi sinonim-sinonim kata ulas ke dalam dua bagian, yakni:

1.      bahas, telaah, teliti, kupas, selidik;

2.       bungkus, kulit, salut, sampul, sarung, selubung.

Sementara itu, sinonim-sinonim kata ulasan terdiri dari tiga bagian, yaitu:

1.    analisis, keterangan, komentar, kupasan, pandangan, pemandangan, pembahasan, pemeriksaan, penelitian, pengkajian, penjelasan, tafsiran, tanggapan, telaah, uraian;

2.       ceramah, penjelasan, syarah;

3.       apresiasi, catatan, evaluasi, komentar, kritik.

 

infografik arti ulasan
Infografik arti ulasan dan sinonimnya. Sumber data: kbbi.kemdikbud.go.id dan tesaurus.kemdikbud.go.id.

 Arti Ulas dalam Nama Blog Ini

Nama blog ini menggunakan kata ulas sebagai salah satu unsurnya. Lantas, apa arti ulas yang terkandung di dalam blog yang lahir tanpa rencana ini?

Konten-konten dalam blog ini membahas hal-hal atau kejadian-kejadian menarik terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.  

Dengan mencermati isinya, tentu saja arti ulas dalam konteks ini bersinonim dengan bahas, telaah, teliti, kupas, dan selidik. Dalam KBBI, makna kata ulas atau mengulas yang sesuai dengan nama blog ini adalah memberikan penjelasan dan komentar; menafsirkan (penerangan lanjut, pendapat, dan sebagainya); mempelajari (menyelidiki).

Sebuah contoh kalimat disajikan dalam kamus ini. “Banyak surat kabar mengulas keterangan pemerintah tentang tindakan keuangan.”

Dengan demikian, blog ini tidak berkaitan dengan sinonim-sinonim kata ulas yang lain semacam bungkus, kulit, salut, sampul, sarung, atau selubung. Mohon maaf, saya tidak berjualan sampul dan sarung, ya. He he he.

Nah, kini semakin jelas bahwa kata ulas dan ulasan adalah kosakata unik yang memiliki bermacam-macam makna.

Artikel Terkait

Post a Comment