Kata Terjungkal yang “Berkibar” di Piala Dunia - Ulas Bahasa -->

Kata Terjungkal yang “Berkibar” di Piala Dunia

Post a Comment

Terjungkal adalah kata yang banyak dipakai untuk menggambarkan tim favorit yang dikalahkan tim nonunggulan dalam Piala Dunia. Benarkah penggunaan istilah ini?

 

gambar orang terjungkal
Ilustrasi rambu-rambu orang bisa terjatuh. Sumber gambar OpenIcons dari Pixabay.

Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar mendatangkan banyak kejutan. Negara-negara yang terkenal kuat sepak bolanya bertumbangan.

Pagi-pagi, tim yang terkenal tangguh, Argentina, dikalahkan negara yang tak diperhitungkan dalam percaturan sepak bola dunia, Arab Saudi. Nasib serupa dialami beberapa jago sepak bola dari kawasan Amerika Selatan dan Eropa.

Der Panzer Jerman takluk pada Jepang. Si Setan Merah Belgia dikalahkan Maroko. Tim Samba Brasil harus mengakui keunggulan Kamerun. Portugal dengan Ronaldo yang fenomenal harus tunduk kepada Korea Selatan.

Kejutan tak berhenti sampai di sini. Kelar babak penyisihan grup, “ledakan-ledakan” berlanjut di fase gugur.

Hingga menjelang pertandingan semifinal, Maroko menjadi negara paling menakjubkan. Sejumlah kesebelasan elite sepak bola dunia sekaliber Belgia, Spanyol, dan Portugal harus rela mengisi daftar “pecundang” ketika berhadapan dengan tim berjuluk Singa Atlas itu.

Apakah raja rimba dari Afrika itu akan kembali mengaum dengan gagah dan mengalahkan lawan-lawannya pada babak selanjutnya? Kita tunggu saja kiprah mereka.

Terjungkal Adalah Kata yang Sedang Berkibar

Menyaksikan begitu banyak tim favorit berjatuhan secara mengenaskan, media pun berlomba mewartakan peristiwa langka itu dengan berbagai cara. Kalimat-kalimat menggunakan ungkapan-ungkapan tertentu menjadi salah satu andalan untuk menarik minat (calon) pembaca agar mengunjungi lapak mereka.

Maka, muncullah pelbagai istilah untuk menggambarkan kekalahan tim-tim besar di tangan tim-tim yang di atas kertas mudah mereka kalahkan. Salah satu kata yang kerap beredar adalah terjungkal.

Silakan baca juga ulasan mengenai istilah diving dalam sepak bola.

Selain terjungkal, kata-kata semacam terkapar, tersungkur, terjengkang, terjerembap, dan kata-kata serupa lainnya turut hilir mudik di berbagai media.

Lantas, apakah makna kata-kata tersebut sama?

Terjungkal, Terkapar, Tersungkur, Terjengkang, Apa Lagi?

Mari kita lihat makna masing-masing kata.

1.  Terjungkal

Kata terjungkal mengandung dua macam arti. Pertama, terguling atau terjatuh. Kedua, tersisih atau kalah (dalam pertandingan, percaturan politik, dan sebagainya).

Arti terjungkal yang kedua cocok sekali digunakan untuk mengungkapkan kekalahan sebuah tim. Termasuk kekalahan tim-tim idola dalam Piala Dunia seperti Jerman dan Argentina.

2.Tersungkur

Kata tersungkur memiliki makna yang spesifik. Kata ini bisa digunakan untuk menggambarkan orang yang jatuh terjerembap dengan mukanya mengenai tanah.

Ketika tersungkur dipakai untuk menyatakan kondisi tim Argentina yang dikalahkan Arab Saudi, tentu saja bukan dalam arti yang sebenarnya. Saya tidak melihat para pemain Argentina nyungsep dengan wajah-wajah mereka “mencium” rumput lapangan.

Barangkali wartawan yang menulis berita tengah berupaya menggambarkan betapa tim Argentina amat menderita dengan kekalahan yang “tidak masuk akal” ini. Jadi, saking menderita, seakan-akan wajah mereka sampai menyentuh tanah. 

3.  Terkapar

Kata terkapar mengandung arti terbaring tidak diperhatikan atau tidak beraturan. Dengan makna tersebut, kata terkapar kurang tepat jika dipakai untuk menggambarkan kekalahan sebuah tim.

Barangkali, kata ini lebih pas disandingkan dengan keadaan pemain-pemain dalam sebuah tim yang baru saja mengalami kekalahan. Usai menderita kekalahan, mungkin ada pemain yang terbaring di lapangan tanpa ada yang memperhatikannya.

Selain itu, istilah terkapar juga lebih cocok digunakan untuk menunjukkan seorang pemain yang terjatuh usai ditekel pemain lawan di tengah pertandingan. 

4.  Terjengkang

Kata terjengkang bisa berarti jatuh terlentang. Kata ini juga bisa bermakna mati atau mampus dalam ragam bahasa kasar.

Melihat artinya, tentu saja kata ini kurang cocok dipakai untuk menggambarkan tim sepak bola yang kalah dalam sebuah pertandingan. Masa, kesebelasan Spanyol terjengkang ketika menghadapi Jepang?

Makna kata terjengkang yang pertama lebih pantas digunakan untuk menyatakan seseorang yang jatuh dengan bagian punggung menyentuh tanah. Sementara itu kata terjengkang dalam makna kedua sebaiknya tidak digunakan dalam pembicaraan atau pemberitaan formal.

5.  Terjerembap

Nah, kata terjerembap memiliki makna serupa dengan kata terjengkang. Yang membedakan keduanya adalah posisi tubuh ketika jatuh.

Jika orang yang terjengkang posisi badannya terlentang, sebaliknya orang yang terjerembap posisi tubuhnya tertelungkup.

Lantas, apakah kata terjerembap bisa digunakan untuk menggambarkan tim yang kalah? Bisa saja kalau kata itu diperlakukan sebagai sebuah bentuk kiasan.

Ayo, selain kata-kata yang telah saya sebutkan di atas, adakah istilah-istilah lainnya yang memiliki makna serupa?

Nah, itulah makna kata terjungkal dan “saudara-saudara”-nya. Memang benar, terjungkal adalah salah satu kata yang kerap dipakai dalam pemberitaan seputar Piala Dunia 2022.

Artikel Terkait

Post a Comment