-->

Percayalah, Anda Adalah Sosok Istimewa

Post a Comment

Anda adalah sosok yang istimewa. Kalau tidak percaya, simaklah paparan mengenai beberapa kenyataan yang menunjukkan keistimewaan Anda berikut ini.

 

ilustrasi anda adalah istimewa

Saya yakin, Anda acap bersua dengan sebaris ungkapan bernada motivasi ini. “Anda adalah pribadi yang unik.”

Umumnya, kalimat ini diucapkan oleh seorang motivator kepada semua orang yang ditemuinya. Dengan demikian, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dalam kalimat ini, Anda berarti setiap orang (yang dijumpai oleh sang motivator).

Tentu saja, seperti umumnya ucapan para motivator, ucapan itu dimaksudkan untuk memotivasi seseorang.

Setiap individu memang memiliki keunikan (baca: keunggulan) tersendiri. Dengan demikian, setiap orang mempunyai peluang untuk berkembang melalui keistimewaannya masing-masing.

Baca juga tulisan yang mengupas kata mantan nan istimewa.

Ada sebuah contoh klasik yang biasa digunakan untuk menjelaskan fenomena ini. Kita ambil contoh kejadian yang lazim menimpa anak muda.

Misalnya ada seorang pelajar yang tidak pintar di sekolah. Nilai beberapa mata pelajaran seperti matematika dan biologi kerap jeblok.

Keadaan demikian tidak mengindikasikan bahwa siswa itu bakal gagal menjalani kehidupannya kelak. Barangkali ia menyimpan potensi besar dalam bidang seni, olahraga, atau bidang-bidang lainnya.

Seperti itulah kira-kira terjemahan dari kalimat motivasi menyangkut keunikan Anda (dan keunikan semua orang tentunya).

Saya tidak akan berpanjang lebar membahas urusan motivasi yang tak saya mengerti. Lebih baik, kita kembali ke jalur yang telah dibangun blog ini.

Dalam kesempatan ini, saya hendak mengulas keunikan Anda dari sudut yang benar-benar berbeda.

Dalam Ilmu Bahasa, Anda adalah Kosakata Istimewa

Barangkali tidak banyak orang yang membayangkan bahwa pembicaraan menyangkut bahasa itu asyik juga. Nah, kali ini saya akan membincang Anda yang istimewa dalam bidang bahasa.

Saya mencoba menelusuri kata ini melalui situs pencari. Saya pun menemukan istilah ini tercantum dalam list of loanwords in Indonesia di Wikipedia.

Situs Wikipedia menuliskan bahwa istilah Anda terkait dengan kata anta yang berasal dari bahasa Arab dengan makna serupa you dalam bahasa Inggris.

Bahkan, KBBI telah memasukkan lema anta yang berarti kamu sebagai ragam cakapan. Kamus ini juga memberi penjelasan bahwa anta merupakan pronomina yang berasal dari bahasa Arab.

Namun, ada sebuah kisah menarik yang menceritakan kelahiran kata Anda. Kosakata ini bukan “pendatang” dari tanah seberang, melainkan lahir dan tumbuh di negeri kita sendiri.

Ternyata, Anda dicomot dari kata anakanda. Sang pencomot bukanlah seseorang yang sehari-hari berkecimpung dalam dunia bahasa, melainkan seorang tentara.

Dalam hal ini, Anda bertindak selaku imbuhan penghormatan bagi orang yang disapa. Imbuhan ini banyak disematkan pada sebutan-sebutan seperti ananda, ibunda, ayahanda, dan lain-lain.

Baca juga ulasan tentang kata dirgahayu yang biasanya “berjaya” sepanjang bulan Agustus.

Lantas, di mana, sih, letak keistimewaan Anda?

Anda adalah sebuah pronomina berwujud kata ganti orang kedua tunggal. Dipandang dari sudut ini, ia serupa dengan kamu, engkau, dikau, saudara, dan sampeyan.

Namun, beberapa kata ganti yang saya sebutkan itu tidak seistimewa Anda. Mau tahu letak keistimewaan Anda?

Yang pertama tentu saja sejarahnya, seperti yang telah saya ungkapkan di atas. Sejarah mencatat, istilah ini dihasilkan oleh seseorang yang “bukan siapa-siapa” dalam bidang bahasa.

Ada lagi kekhasan lainnya. Lihat saja tulisannya.

Anda tampil sebagai “sosok paling gagah” di antara bentuk-bentuk sapaan lainnya. Beda dengan yang lain, Anda berhak mengenakan huruf kapital di awal.

Lantas, mengapa Anda harus ditulis menggunakan huruf besar sedangkan kata-kata sapaan yang lain tidak?

Anda Huruf Besar atau Kecil?

Terkait dengan penulisan kata Anda, apakah diawali dengan huruf kapital atau tidak, masih terjadi perbedaan pendapat di antara para pengamat bahasa.

Di satu sisi, orang setuju dengan penulisan Anda dimulai dengan huruf besar. Di kubu ini terdapat misalnya Ivan Lanin, seorang pencinta bahasa Indonesia yang giat mengusulkan padanan istilah asing dalam bahasa Indonesia.

Pada kubu yang “berseberangan”, Eko Endarmoko yang terkenal dengan kamus Tesamoko-nya “berdiri tegak” mengusung anda. Dalam buku Polisi Bahasa, ia menganggap Anda sama saja dengan kata ganti orang kedua yang lain, penulisannya tidak perlu diawali dengan huruf besar.

Masing-masing “tim” mengemukakan argumentasi untuk mendukung pendapat mereka.

Ivan Lanin, seorang “anggota tim Anda” mengungkapkan pendapatnya dalam buku Recehan Bahasa (2020). Menurut Ivan, Anda adalah kata ganti orang kedua yang bersifat formal.

Mengacu pada “aturan” Brown dan Gilman tentang pembedaan T-V, penulisan kata ganti orang kedua dalam bahasa Indonesia mengikuti kaidah formal – informal. Kaidah itu diberlakukan dalam beberapa bahasa lain seperti bahasa Belanda (jij-U), bahasa Italia (tu-Lei), dan bahasa Jerman (du-Sie).

Sementara itu, “pengusung anda” meyakini bahwa kedudukan Anda sejajar dengan kata ganti lainnya semacam saudara, sampeyan, dan ente. Menurutnya, tidak adil jika kita mempersembahkan kehormatan khusus bagi Anda dan tidak memberikannya kepada yang lain.

Jadi, Anda mau bergabung dengan tim mana?

Selama ini, saya memilih menggunakan Anda ketimbang anda. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) secara gamblang menyatakan bahwa kata Anda harus ditulis dengan huruf kapital pada huruf pertamanya.

penulisan kata anda
Tangkapan layar penulisan kata Anda menurut PUEBI. Sumber data: puebi.js.org.

Seperti kita ketahui, PUEBI disusun oleh Badan Bahasa. Badan ini merupakan bagian dari lembaga negara yang ditugaskan untuk mengurusi bahasa, khususnya bahasa Indonesia.

Makanya, saya ngikut aja. Tidak ada argumentasi yang muluk-muluk terkait hal ini, kecuali sekadar mengurangi kebingungan yang ditimbulkan oleh adanya beberapa versi Anda.

Nah, sekarang sudah jelas, bukan? Tak bisa dimungkiri adanya kenyataan bahwa Anda adalah sebuah kosakata istimewa.

Newest Older

Artikel Terkait

Post a Comment